28 June 2010

Belajar Table Manner


Untuk pembuka; roti yang ada sebelah kiri, cukup “dipotel” dengan tangan, lalu dioleskan butter baru dimakan. Pakai pisau garpu dari yang terluar untuk urutan makan dari apertizer hingga maincourse. Posisi duduk dan lengan tentu tak boleh luput dari perhatian. Wah......ternyata ribet juga ya untuk bisa makan dengan benar. Bukan hanya benar tapi juga yang baik, karena tidak semua hal yang benar itu baik.

Cara makan sehari-hari dengan menggunakan tangan langsung untuk menyantap makanan dan tanpa berurutan, tentu adalah cara yang benar untuk makan, karena pada intinya makan adalah kegiatan memasukan makanan ke dalam mulut untuk kemudian dicerna tubuh. Namun itu tidak baik jika sedang menghadiri jamuan formal. Ini menjadi amat penting ketika kita dijamu dengan suasana formal di tempat yang formal pula. Maka tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara makan yang benar dan baik sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Hari ini, yaitu Senin 28 Juni 2010, saya beserta rombongan dari mahasiswa Fikom Untar mengadakan table manner, short course di Hotel JW Marriot, Jakarta. Kita praktek langsung mengenai cara menyantap hidangan berjenis set menu. Jenis hidangan itu sendiri terbagi menjadi 4 jenis, yaitu a la carte menu, set menu, buffet, dan cocktail menu. Hidangan set menu ini sendiri artinya hidangan yang disajikan telah dipersiapkan terlebih dahulu oleh orang yang mengundang kita mulai dari apertizer hingga maincourse. Jadi dalam hidangan set kita hanya duduk manis, dengan pelayan yang akan melayani kita dan mengatur hidangan dari awal hingga akhir.

Sangat menarik. Banyak hal yang saya ketahui dari kegiatan ini berkenaan dengan printil-printilan aturan jamuan makan secara sangat mendetail. Siapa tahu saya akan kembali makan seperti ini dengan kondisi yang sebenarnya dengan klien atau orang-orang dengan jabatan tinggi sambil membicarakan urusan bisnis. Who knows????

No comments:

Post a Comment

Post a Comment